Kamis, 18 April 2013

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Karena Gigi Berlubang


Cara Menghilangkan Sakit Gigi
“…Dari pada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini… biar tak mengapa…. ”

Begitulah menurut salah satu lagu dangdut, namun tetap saja sudah pasti keduanya sangatlah tidak enak dan akan menimbulkan ketidaknyamanan.Sakit gigi memang sudah umum, namun karenanya bisa pusing dan sangat merasa nyaman kita dibuatnya. Banyak sekali penyebab dari sakit gigi bisa karena karies gigi, penyakit gusi, akar gigi sensitif serta beberapa tips cara menghilangkan sakit gigi.

Apa penyebab rasa sakit dari gigi?

Penyebab paling umum dari sakit gigi adalah rongga gigi atau gigi berlubang. Karies (gigi berlubang) adalah lubang dalam lapisan luar gigi yang disebut enamel dan dentin. Enamel adalah putih terluar permukaan yang keras dan dentin adalah lapisan kuning tepat dibawah enamel. Willoughby Miller mengemukakan bahwa penyebab utama sakit gigi adalah karena adanya pertemuan antara bakteri dengan gula. Sakit gigi karena berlubang, disebabkan email gigi kita terdapat lubang yang membuat bakteri ataupun partikel-partikel lain mudah masuk. Lubang inilah yang memicu munculnya sakit gigi jika dibiarkan terlalu lama.


Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit dan mengobatinya?

Pengobatannya dapat dilakukan secara modern yaitu dengan mengkonsumsi obat-obat yang diberikan dokter, cara ini tentu tidak bebas dari efek samping. Maka dari itu dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips dan cara menghilangkan sakit gigidengan cara tradisional yang sudah pasti tanpa efek samping. Cara

  • Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Larutan Garam
Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam bisa membantu untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Bawang Putih
Ambil 1 siung bawang putih, potong-potong dan taburkan sedikit garam. Kunyah pada bagian yang terasa sakit, perlahan rasa sakit akan berangsur menghilang.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Jeruk Nipis
Ambil jeruk nipis dan peras sarinya, kemudian pulaskan pada gigi yang sakit sedikit-demi sedikit setiap 10 menit sekali.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Minyak Cengkeh
Ambil kapas, kemudian tetesi dengan minyak cengkeh secukupnya. Tempelkan pada gigi yang sakit.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Tepung Lada
Tempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh pada gigi yang sakit atau gigi berlubang.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Cabai Hijau
Ambil cabai hijau, potong sedikit ujungnya kemudian dibakar. Setelah panas, tempelkan cabe pada gigi yang sakit. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Belimbing Wuluh
Ambil belimbing wuluh, kunyah bersama garam dan gunakan gigi yang sakit untuk mengunyah.
  • Cara Menghilangkan Sakit Gigi Menggunakan Es Batu
Ambil sepotong kecil es batu, gosokkan di sekitar huruf V yang terdapat di antara ibu jari dan telunjuk, secara perlahan apitkan potongan es pada bagian tersebut selama 5-7 menit. Cara ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit 50-90% karena pemijatan dilakukan langsung ke pusat syaraf.
Masih ingat dengan ungkapan “Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati” ?Ya, pencegahan tetap menjadi hal yang paling utama untuk kita lakukan, dan tentu saja lebih banyak mendatangkan keuntungan.  Tips diatas adalah beberapa cara untuk menghilangkan dan mengobati gigi yang sudah kadung sakit.  Nah, untuk yang tidak ingin merasakan sakit gigi, cara berikut bisa dilakukan sebagai pencegahan kita terhadap sakit gigi.

  1. Gosoklah gigi minimal 2 kali sehari.
  2. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali.
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk mencegah gigi berlubang.
  4. Gunakan benang gigi satu kali dalam sehari untuk mengangkat plak yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.
  5. Kurangi makan makanan yang mengandung banyak gula.
  6. Biasakan untuk mengkonsumsi buah-buahan segar, serat yang terkandung dalam buah membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.
  7. Makan makanan yang kaya kalsium
Demikianlah tips cara menghilangkan sakit gigi serta beberapa tips pencegahannya.  Bagaimana pun mencegah tetap jauh labih baik daripada mengobati, jadi sayangi tubuh kita dan tetap jaga kesehatannya.  Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar